Welcome to my blog, enjoy reading.

Senin, 26 September 2011

Asteroid Tak Jadi Tabrak Mars

Kemungkinan terjadi tabrakan antara Planet Mars dengan sebuah asteroid yang mendekatinya dipastikan nol, demikian diumumkan para ilmuwan yang terus menerus mengamati gerakan batu angkasa tersebut, Jumat (11/1).Pelacakan asteroid 2007 WD5 dari empat observatorium makin mengecilkan kemungkinan terjadinya tabrakan pada tanggal 30 Januari mendatang saat posisinya paling dekat dengan Mars. Kemungkinan tabrakan turun menjadi 1 banding 10.000, menurut ilmuwan dari Near-Earth Object Program, Laboratorium Propulsi Jet, NASA di situs web-nya.

Para ilmuwan memperkirakan asteroid itu akan melewati Mars pada jarak lebih dari 25.500 kilometer dari permukaan planet merah, atau paling buruk, tidak lebih dekat dari 4.000 kilometer.
Asteroid 2007 WD5 ditemukan November lalu. Pengamatan awal terhadap orbitnya memunculkan kemungkinan terjadinya tabrakan dengan Mars dengan kemungkinan 1 banding 25 sebelum perhitungan lebih teliti dilakukan.
Asteroid itu cukup besar untuk bisa memunculkan kawah selebar setengah kilometer lebih bila menabrak permukaan Mars yang dingin dan berdebu, sehingga para astronom sesungguhnya ingin mengamatinya.

0 komentar:

Posting Komentar

what your comment ?