Welcome to my blog, enjoy reading.

Senin, 26 September 2011

Peluang Kecil Tabrakan Asteroid ke Mars

Kecil kemungkinan Asteroid 2007 WD5 menabrak Planet Mars meski pada tanggal 30 Januari 2008 akan berada pada posisi sangat dekat. Peluang terjadi tabrakan terus menurun dan kini hanya 2,5 persen saja.Perkiraan tersebut merupakan hasil analisis terbaru yang dilakukan para astronom menggunakan teleskop di Observatorium Calar Alto di Spanyol. Teleskop yang digunakan dalam Program Objek Dekat Bumi di Laboratorium Propulsi Jet NASA terus mengamati pergerakan objek antariksa tersebut.
Asteroid tersebut baru ditemukan para astronom NASA saat melakukan Survei Langit Catalina di Arizona akhir November tahun lalu. Objek tersebut tengah saat ini bergerak melalui lintasan orbit yang berada dekat lintasan orbit yang juga dilalui Planet Mars.
Peluangnya menabrak Planet Merah sempat naik dari menjadi 4 persen pada akhir Desember 2007 dari 0,33 persen saat ditemukan. Meski peluangnya kecil, tabrakan asteroid ke permukaan Mars merupakan peristiwa yang sangat ditunggu-tunggu.
Jika tabrakan terjadi, batuan angkasa selebar lapangan sepakbola tersebut dapat menimbulkan kawah di permukaan Mars hingga selebar 500 meter. Program Objek Dekat Bumi NASA terus memantau pergerakan objek tersebut meski peluangnya membahayakan Bumi jauh lebih kecil.

0 komentar:

Posting Komentar

what your comment ?